Rabu, 19 Juni 2013

Manfaat Toge Bagi Kesehatan

Thursday, 20 June 2013, 08:42

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh4juG3DQVTvNbWnXI2upMPqeKQpIz8mGwIrrTbyASbXiRp_Vvzjm8LfFhm6voirT4QRyFs7Ium8T9zNeczbJGXrMhMsLUuH5sunTxU9znskzNjuRbAPIm-99uNXd_MFcTpDG-O-CV9X9U/s1600/471-taoge-alias-kecambah-kacang-hijau-siap-pakai.jpg  

Manfaat Toge Bagi Kesehatan - Toge, jenis kacang-kacangan yang banyak sekali manfaatnya ini selain digunakan sebagai campuran gado-gado, soto, ketoprak dan jenis makanan tradisional yang lain, juga ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Setelah saya bahas di postingan “Khasiat Toge Untuk Kesuburan”, saya akan membahas khasiat toge untuk kesehatan secara umum, yaitu manfaat toge yang sangat bagus dalam mencegah maupun mengobati berbagai penyakit. Tak percaya? Mari kita periksa beberapa manfaat toge untuk kesehatan kita.

  1. Mencegah Kanker
    Proses menjadi toge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu pembuangan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meinggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.
  2. Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
    Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan toge. Hal ini disebabkan, saponin dalam toge akan menghancurkan lemak jahat LDL tanpa megganggu konten lemak yang baik HDL. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam toge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum penilaian saponinnya naik 450 persen.
  3. Mencegah Osteoporosis
    Estrogen alami yang terdapat dalam toge dapat bekerja sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping. Sehingga estrogen dalam toge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.
  4. Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Saponin toge juga bisa membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, toge kaya akan zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar